MAKANAN YANG DISARANKAN BAGI MENGAWAL RISIKO PENYAKIT ALZHEIMER


9 Jenis Makanan Pencegah Penyakit Alzheimer

Pemakanan yang sihat dan berkhasiat amat membantu proses pemulihan pesakit Alzheimer ini. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan zat gizi penting yang sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah penyakit alzheimer. Dan sebenarnya makanan-makanan tersebut sangatlah mudah untuk kita temui, karena semuanya adalah bahan alami yang kerap kita jadikan sebagai pengambilan kita sehari-hari. Berikut adalah jenis pemakanan yang disarankan pada pesakit Alzheimer :



1. Sallad Dressing yang berbahan dasar minyak
Menurut kajian menunjukkan menunjukkan bahawa makanan-makanan yang mengandung vitamin E tinggi, termsuk diantaranya sayuran segar dengan salad dressing yang berbahan dasar minyak, kekacang, serta biji-bijian dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer, hal itu diungkapkan oleh Martha Clare Morris, ScD, Direktur, gizi dan nutrisi epidemiologi Departemen Internal Medicine di Universitas Rush, Chicago. Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang kuat untuk membantu melindungi neuron atau sel saraf otak. Sedangkan pada seseorang yang menderita penyakit Alzheimer, bahagian-bahagian tertentu dari otak mulai mati sehingga menyebabkan kerosakan kognitif.

2. Ikan

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit Alzheimer. Adapun jenis ikan yang memiliki kandungan tersebut adalah ikan tuna, salmon, mackerel, dan ikan lainnya yang mengandung asam lemak omega3, termasuk asid docosahexaenoic (DHA). Di dalam otak, DHA memiliki peranan penting agar neuron dapat berfungsi secara normal.


3. Sayuran hijau

Kale, Collard Hijau, Bayam dan Brokoli adalah jenis-jenis sayuran yang dapat mencegah alzheimer, hal ini karena beberapa sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin E dan Asid Folic. 1 ikat bayam mentah mengandung 15% vitamin E dari pengabilan harian, dan 1/2 ikat bayam yang dimasak mengandung 25% vitamin E dari diet harian anda. Asid Folic dapat melindungi otak dengan menurunkan kadar asid amino yang dikenali sebagai homocysteinedi dalam darah. Sedangkan telah diketahui bahwa tingginya kadar homocysteine dapat mempercepatkan kematian sel-sel saraf otak, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Avocado 
9 Jenis Makanan Pencegah Penyakit Alzheimer
Buah Alpukat atau Avocado

Buah Avocado memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, iaitu kaya antioksidan vitamin E. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Morris dkk, bahwa makanan yang mengandungi vitamin E termasuk di dalam buah Avocado, yang juga tinggi dalam antioksidan vitamin C dapat menurunkan risiko terkena penyakit alzheimer.

5. Biji bunga matahari

Biji-bijian, termasuk biji bunga matahari memiliki sumber vitamin E yang baik. 1 auns biji bunga matahari panggang mengandung 30%.


6. Kacang tanah dan Mentega Kacang

Selain itu juga mengandung vitamin E, kacang tanah dan mentega kacang cenderung menjadi sumber lemak yang sihat. Kedua makanan ini dapat membantu menjaga jantung dan otak tetap sihat serta dapat berfungsi dengan baik. Pilihan baik yang disarankan adalah kacang Almond dan Hazelnut.

7. Anggur merah

Penelitian telah menunjukkan buah Anggur Merah memiliki fungsi sebagai salah satu jenis makanan pencegah penyakit Alzheimer.

8. Buah Berry

Penelitian terbaru yang dipresentasikan pada National Meeting of the American Chemical Society di Boston menemukan bahwa blueberry, strawberry, dan buah acai dapat membantu menahan penurunan kognitif dengan menjaga perkembangan otak, yang menurun karena usia. Ini membantu menyingkirkan protein beracun yang berkait rapat dengan hilangnya memori karena faktor usia.


9. Biji-bijian

Biji-bijian yang kaya akan serta merupakan di antara dari diet yang juga sarat dengan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, minyak zaitun dan anggur. Diet ini akan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan mengurangi inflamasi, stress, dan faktor rIsiko penyakit vaskular seperti tekanan darah tinggi yang semuanya memiliki peranan dalam meningkatkan risiko penyakit jantung dan otak.

9. Supplement Tambahan
Selain pemakanan yang dicadangkan di atas, disarankan juga supplement tambahan untuk meningkatkan pemulihan sel yang rosak itu. Ianya juga turut membantu dari terus merebak. Supplement yang di cadangkan seperti di sini

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Vision Board KakMai 2018

PENTINGNYA SUPPLEMEN DAN VITAMIN UNTUK KITA

Punca Penyakit Alzheimer